AKHLAK TERPUJI 33 | MURAH HATI

​Definisi Murah Hati

1. Murah hati secara etimologi

Secara bahasa, murah hati pada awalnya berasal dari terjemahan bahasa arab yaitu ﺍﻟﺤﻠﻢ . Kata ini mengandung pengertian yang cukup banyak seperti lemah lembut, tidak gampang marah dan lain lain.

2. Murah hati secara terminology

Murah hati secara terminologi dapat diartikan sebagai suatu sikap tenang dan menahan diri pada saat marah. Jadi orang yang mempunyai sikap ini tidak akan marah oleh ejekan orang-orang yang tidak mengetahui dan tidak juga takut dihina oleh orang-orang yang tidak menggunakan akalnya, tetapi dia akan mengendalikan diri pada saat amarahnya bergejolak. [1]

Sifat ini akan terwujud dengan adanya kesempurnaan ilmu yang ada pada diri kita. Kemudian setelah itu kita akan bertindak dengan sangat hati-hati, yaitu bertindak bijak antara ketergesa-gesaan dan sikap sikap lamban. Ini menunjukkan kecemerlangan dalam berfikir. Dari sini kemudian muncul sikap sangat agung yang jarang dimiliki oleh orang awam pada umumnya, yaitu segi praktis dari sikap sabar dan kehati-hatian yang sering disebut oleh orang dengan sebutan Ar-Rifqu dimana seseorang akan mengambil hal yang paling mudah dan lurus, sehingga kita akan melihat orang tersebut sebagai seorang yang lemah lembut.

Ali bin Abi thalib mengatakan: “Sesungguhnya sikap Al-hilm pada diri seseorang itu dapat diketahui ketika dia marah, orang yang marah maka awalnya (pada saat marah itu) dia seperti orang gila, dan setelahnya yang ada hanya penyesalan”. Karena seseorang yang marah, bisa terjadi dua kemungkinan padanya. Yang pertama ada kemungkinan dia tidak bisa mengendalikan emosinya dan dan ia melampiaskan rasa marahnya itu dengan cara-cara yang buruk, yang menimbulkan banyak kerusakan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Inilah yang disebut oleh Ali bin Abi Tholib sebagai sikap orang gila, dimana saat itu dia tidak perduli dengan dirinya dan keadaan orang lain. Setelah marahnya hilang yang timbul adalah penyesalan, karena seolah-olah ketika ia dalam keadaan marah, ia tidak sadar apa yang terjadi pada dirinya.

Sementara kemungkinan kedua adalah dia bisa mengendalikan dirinya dan tidak melampiaskan kemarahannya, dan inilah yang disebut oleh Ali bin Abi Tholib sebagai sikap Al-Hilm.

Adapun Ahnaf bin Qois memaknai al-hilm dengan makna yang lebih luas, yaitu beliau mengatakan Al-Hilm adalah: “engkau bersabar terhadap apa yang engkau benci”.

Seringkali kita terpancing emosi terutama pada keadaan-keadaan yang dapat memancing amarah. Bila seseorang dapat menahan emosinya, sewaktu akal pikirannya lebih dominan daripada emosinya, ketika itulah dia memiliki sifat al-hilm .

Sifat al-hilm (Murah hati) hanya dimiliki oleh orang yang memenuhi dua syarat yaitu, kemampuan akal yang luas, dan kebesaran jiwa.

Kemampuan akal yang luas menjadikan manusia berpandangan jauh ke depan. Sebelum mengaplikasikan perbuatan, ia menimbang terlebih dahulu maslahat dan mudharat yang akan ditimbulkan dari perbuatan tersebut. Sedangkan kebesaran jiwa mampu menahan emosinya ketika ia ingin melampiaskan amarahnya kepada orang lain.

Disisi lain murah hati beda dengan sabar. murah hati adalah menahan diri untuk tidak membalas dendam atas perlakuan buruk orang lain yang menyakitkan hati dengan balasan yang sama. Sedangkan sabar adalah menerima dengan lapang dada keadaan yang tidak menyenangkan, seperti kehilangan orang yang dicintai, sakit parah, tertimpa musibah atau kehilangan harta.

Jadi murah hati berkaitan dengan hal-hal yang manusia masih mampu melakukan aksi balas dendam. Manakala sabar berkaitan dengan hal-hal yang berada di luar kemampuan manusia.

B. Dalil-dalil tentang murah hati

Ada beberapa dalil yang menerangkan murah hati diantarnya adalah

ﺇِﻥَّ ﻓِﻴْﻚَ ﺧَﺼْﻠَﺘَﻴْﻦِ ﻳُﺤِﺒُّﻬُﻤَﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟْﺤِﻠْﻢُ ﻭَﺍﻷَﻧَﺎﺓُ

”Sesungguhnya kamu mempunyai dua akhlak yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, yaitu sifat al-hilm (mampu menahan emosi) dan alanah (sikap tenang) (HR.Muslim). [2]

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻭَﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﻰ ﺑْﻦُ ﺣَﻤَّﺎﺩٍ ﻗَﺎﻟَﺎ ﻛِﻠَﺎﻫُﻤَﺎ ﻗَﺮَﺃْﺕُ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﺷِﻬَﺎﺏٍ ﻋَﻦْ ﺳَﻌِﻴﺪِ ﺑْﻦِ ﺍﻟْﻤُﺴَﻴَّﺐِ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟﺸَّﺪِﻳﺪُ ﺑِﺎﻟﺼُّﺮَﻋَﺔِ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺍﻟﺸَّﺪِﻳﺪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻳَﻤْﻠِﻚُ ﻧَﻔْﺴَﻪُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﻐَﻀَﺐِ

“Orang yg paling kuat bukanlah orang yg tak dapat dikalahkan oleh orang lain. Tetapi orang yg paling kuat adl orang yg dapat menguasai dirinya ketika ia sedang marah”.(HR. Muslim)

C. Faktor pendukung sifat murah hati

Ada beberapa hal yang bisa membantu seseorang memiliki sifat santun dan murah hati dan mengokohkan sifat itu dalam jiwa-nya, di antaranya sebagai berikut:

1. Memerangi kemarahan dan tidak tunduk kepada hal-hal yang membangkitkan emosi. hal itu bisa dilakukan dengan cara berwudhu, melakukan shalat sunnah, dan berzikir kepada allah. hal itu akan memadamkan amarah sebagaimana air memadamkan api. karena itu, Rasulullah memerintahkan kepada kita agar berwudhu dan shalat ketika ada orang yang membuat emosi kita naik. dengan melakukan tuntunan Rasul itu, tidak akan terjaid apa-apa. lalu Rasul juga memerintahkan jika emosi datang dalam keadaan berdiri, maka duduklah. jika dalam keadaan duduk, maka berbaringlah dengan miring atau telentang.

2. Berteman dengan orang-orang yang bersfat santun dan murah hati. sesungguhnya orang-orang yang bermurah hai memiliki pengaruh pada jiwa orang yang mengikutinya. karena mereka bisa belajar dan meneladani sikap murah hati secara nyata dan meilhat hal itu dengan praktek langsung. hal itu akan mendorong mereka untuk meneladaninya.

3. Membaca kisah-kisah orang-orang yang murah hati, mengamati sikap mereka, dan sejauhmana pengaruhnya kepada manusia. bagaimana mereka mengambil simpati dan mampu mengubah orang yang memusuhi jadi mencintai, mengubah musuh jadi teman. lantas mengambil manfaat dari ini semua serta berusaha meneladaninya. sesungguhnya ilmu didapat denga belajar dan sifat murah hati di dapat dengan usaha untuk bermurah hati.

4. Merasakan pahala orang yang bersikap santun dan murah hati, bagaimana Allah telah menyiapkan untuk mereka nikmat abadi dan bidadari yang cantik jelita. hal itu dilakukan dengan cara membaca nash-nash dari al-qur’an dan sunnah mengenai pahala orang-orang yang bermurah hati.

5. Menakut-nakuti manusia akan akibat marah dan pembalasan yang akan diterima di dunia dan diakhirat. hendaknya ia berkata pada dirinya, “kekuasaan Allah lebih besar dari kekuasaanku atas orang ini. jika aku melampiaskan amarahku, maka aku tidak aman jika Allah melampiaskan amarahnya padaku besok pada hari kiamat. aku jauh lebih membutuhkan ampunan.” [3]

D. Pengaplikasian sifat murah hati

Ketika seseorang mampu menahan amarahnya, maka ia diberikan keburuntungan yang besar oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu ia akan terhindar dari akibat buruk amarahnya, dia akan terhindar dari godaan setan untuk mempermainkan dirinya, bahkan Allah akan beri cahaya dalam pemikirannya sehingga ia bisa menimbang segala sesuatu dengan adil dan bijak.

Pernah suatu ketika Umar bin Abdul Aziz, seorang khalifah yang adil dan bijak, masuk ke dalam masjid dalam kegelapan. Rupanya Umar melewati seorang laki-laki yang sedang tidur di masjid itu. Tidak sengaja beliau menginjak salah satu bagian dari tubuh orang itu. Spontan orang itu berdiri lalu berkata, “Apakah kamu sudah gila? ”

Maka pengawal Umar hendak memukul orang itu. Namun Umar berkata, “Jangan! Dia tadi hanya bertanya kepadaku, apakah aku sudah gila? Dan aku menjawab, ‘Tidak.’ ”

Masya Allah, begitu indah sifat al-hilm yang menghiasi akhlak Khalifah Umar bin Abdul aziz. Beliau lebih memilih untuk bersikap bijak dan tidak tergesa-gesa, padahal beliau berkedudukan sebagai khalifah pada masa itu. Secara logika, bisa saja beliau memerintahkan pengawalnya untuk menghukum laki-laki itu. [4]

E. Metode mendakwahkan sikap murah hati

Dalam ilmu dakwah ada beberapa metode untuk menyampaikan pesan agar mudah ditiru oleh Mad’u. Yaitu meode ceramah, tanya jawab, diskusi, propaganda dan keteladanan.

Menurut hemat saya agar sikap murah hati yang dihadirkan oleh seorang sufi bisa semaksimal mungkin dicerna, maka yang perlu digunakan sebagai metode dakwah yaitu metode keteladanan. Maksudnya Sufi yang dalam hal ini juga menjadi Da’i harus punya suri tauladan yang baik agar ditiru orang lain dengan catatan tanpa diiringi sifat riya’.

Dengan menggunakan metode keteladanan atau demonstrasi berarti sutu cara penyajian dakwah dengan memberikan keteladanan langsung sehingga mad’u akan tertarik untuk mengikuti kepada apa yang dicontohkannya. [5]

Kesimpulan

1. Murah hati atau al-Hilm adalah

sikap tenang dan menahan diri pada saat marah

2. Salah satu dalil murah hati adalah

ﺇِﻥَّ ﻓِﻴْﻚَ ﺧَﺼْﻠَﺘَﻴْﻦِ ﻳُﺤِﺒُّﻬُﻤَﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟْﺤِﻠْﻢُ ﻭَﺍﻷَﻧَﺎﺓُ

”Sesungguhnya kamu mempunyai dua akhlak yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, yaitu sifat al-hilm (mampu menahan emosi) dan alanah (sikap tenang) (HR.Muslim)

3. Faktor pendukung sifat murah hati adalah:

a. Memerangi kemarahan dan tidak tunduk kepada hal-hal yang membangkitkan emosi.

b. Berteman dengan orang-orang yang bersfat santun dan murah hati.

c. Membaca kisah-kisah orang-orang yang murah hati, mengamati sikap mereka, dan sejauhmana pengaruhnya kepada manusia.

d. Merasakan pahala orang yang bersikap santun dan murah hati

e. Menakut-nakuti manusia akan akibat marah dan pembalasan yang akan diterima di dunia dan diakhirat

Cara mendakwahkan sifat murah hati bisa dilakukan dengan memakai metode dakwah keteladanan
Daftar pustaka

1. Menyucikan Jiwa (Tazkiyatun Nafs) , Dr. Muhammad Abdul Qadir Abu Faris Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

2. Shoheh Muslim, Imam Muslim, Darul Kutub Islamiyah (DKI)

4. Ilmu dakwah,drs Samsul munir Amin. M.A., Surabaya 2009.

[1] Menyucikan Jiwa (Tazkiyatun Nafs) , Dr. Muhammad Abdul Qadir Abu Faris Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

[2] Shoheh Muslim, Imam Muslim, DKI, hal: 2165

[3] Ibid, Hal 1

[5] Drs. Samsul Munir Ain, M.A ilmu dakwaj, Jakarta: AMZAH 2009, hal. 103

Tinggalkan komentar